0878 0902 0931 adityadimsum@gmail.com

Cara Bikin Dimsum Ayam Sendiri di Rumah. Halo teman-teman pencinta dimsum! Siapa yang suka dimsum? Pasti banyak dong! Nah, kali ini aku mau kasih resep nih, cara bikin dimsum ayam sendiri di rumah. Biar nggak perlu repot-repot ke restoran, kita bisa kok nikmatin dimsum lezat ini tanpa harus keluar rumah. Yuk, simak resepnya!

Resep Sederhana dan Lezat Membuat Dimsum Ayam di Rumah

Dimsum Ayam: Nikmatnya Di Rumah Sendiri

Dimsum, makanan khas Cina yang sudah mendunia. Kecil-kecil, tapi bisa bikin perut bahagia. Di Indonesia, dimsum tuh emang jadi favorit banyak orang, lho. Ada berbagai jenis, tapi kali ini kita akan fokus ke yang paling hits, Dimsum Ayam.

Jenis Dimsum Populer di Indonesia

Sebelum kita mulai masak, yuk kenalan dulu sama beberapa jenis dimsum yang populer di Indonesia:

  • Siomay: Isiannya ada daging ikan tenggiri atau udang, disajikan dengan saus kacang dan kecap. Biasanya ada potongan kentang dan telur rebus juga, lho!
  • Hakau: Berisi udang segar dalam kulit tipis. Enak banget dicocol saus cabe dan kecap.
  • Lobak Goreng: Isiannya sayuran dan daging dibungkus kulit pangsit, digoreng hingga renyah. Cocok dinikmati dengan saus cabe atau saus tomat.
  • Pai Gow: Berisi daging babi cincang dan sayuran, dibungkus kulit pangsit, lalu dikukus. Sajikan dengan saus cabe dan kecap.
  • Bola-Bola Udang: Berisi daging udang, dibentuk bulat dan dibungkus kulit pangsit tipis. Sajikan dengan saus cabe dan kecap.

Jadi, itu dia beberapa jenis dimsum yang sering banget kita jumpai di Indonesia. Rasanya? Gurih, lezat, dan pastinya bikin nagih!

Cara Membuat Dimsum Ayam yang Lezat dan Gampang

Oke, sekarang kita masuk ke dapur! Berikut resep sederhana membuat dimsum ayam yang enak:

Bahan-bahan:

  • 2 cangkir tepung terigu
  • 1/2 cangkir tepung kanji
  • 1 sendok teh garam
  • 1 cangkir air dingin

Langkah-langkah:

  1. Campurkan tepung terigu, tepung kanji, garam, dan air dingin dalam wadah.
  2. Uleni adonan hingga kalis dan elastis, lalu istirahatkan selama 30 menit.

Membuat Isian Dimsum Ayam:

  1. Cincang ayam kecil-kecil.
  2. Tumis bawang putih, bawang bombay, dan ayam hingga matang.
  3. Tambahkan kecap manis, kecap asin, merica, garam, dan minyak wijen. Aduk rata.

Menggulung Dimsum Ayam:

  1. Ambil selembar kulit dimsum yang sudah disiapkan.
  2. Letakkan satu sendok teh isian ayam di tengah kulit dimsum.
  3. Basahi ujung jari dengan sedikit air dan berikan pada bagian tepi kulit dimsum yang bersebelahan dengan isian ayam.
  4. Lipat kulit dimsum menjadi dua dan tekan-tekan bagian tepi kulit untuk merekatkan.
  5. Pastikan dimsum yang sudah digulung memiliki bentuk yang rapi dan tidak terlalu tebal atau tipis pada bagian kulitnya.

Cara Memasak Dimsum yang Benar dan Enak:

  • Gunakan panci kukus untuk memasak dimsum.
  • Olesi loyang atau wadah yang digunakan untuk menempatkan dimsum dengan sedikit minyak agar tidak lengket.
  • Kukus dimsum selama 10-15 menit atau sampai kulit dimsum terlihat bening dan isian ayam matang.

Dimsum Ayam vs. Dimsum Udang: Mana yang Lebih Enak?

Pertanyaan sulit, ya! Semuanya tergantung selera masing-masing. Dimsum udang mungkin lebih gurih dan sedikit manis, sementara dimsum ayam punya rasa gurih yang pas dan sedikit pedas. Kamu bisa coba keduanya dan tentuin sendiri yang paling kamu suka!

Harga Dimsum di Restoran Terdekat

Harga dimsum di restoran bisa bervariasi, tergantung jenis dimsum dan ukuran porsinya. Dimsum ayam biasanya lebih terjangkau dibandingkan dengan dimsum udang. Tapi, di restoran kelas atas, harganya mungkin sedikit lebih mahal.

Jadi, itu dia cara membuat dimsum ayam sendiri di rumah. Nggak ada ruginya coba bikin sendiri, kan? Yuk, ajak keluarga buat bareng-bareng menikmati dimsum lezat buatan sendiri. Selamat mencoba, dan semoga sukses!

Chat Kami
Hubungi Kami
Untuk info lebih lanjut klik dibawah